12/5/10

Liputan SESINDO 2010

Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO) 2010 berhasil terlaksanakan pada tanggal 4 Desember 2010 di Empire Palace Surabaya. Tahun 2010 ini merupakan ketiga kalinya acara ini diselenggarakan oleh Jurusan Sistem Informasi, FTIf - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Tema yang diangkat kali ini adalah "Pemberdayaan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing dalam Knowledge-Based Economy".
Acara dibuka tepat pada pukul 9 pagi diawali dengan performansi paduan suara SI-ITS menyanyikan lagu "Indonesia Raya", "Laskar Pelangi", dan "Rek ayo rek" untuk menyambut para hadirin. Dilanjutkan dengan laporan dari Ahmad Mukhlason selaku Ketua Pelaksana yang melaporkan bahwa pebandingan makalah yang masuk dengan yang diterima adalah 2:1. Selain dengan jumlah paper yang masuk sebagai indeks peningkatan acara ini dari tahun lalu, peserta dan pemakalah juga ada yang datang dari seluruh Indonesia, seperti Medan, Pontianak, dan NTT.
Dijemput oleh penari Samsarining Pertiwi, Perwakilan ITS, Dekan Fakultas Teknologi Informasi (FTIf), secara resmi membuka SESINDO 2010. Beliau memaparkan bahwa acara semacam ini sangat penting sebagai ajang temu ABG alias Academic, Business, and Government. Selain itu alumnus ITB sekaligus UNPAD ini juga kagum dengan Jurusan SI yang tampil beda untuk memadukan kualitas kognitif dan ekstakulikuler lulusannya melalui fokus terhadap soft-skill. Khusus untuk para akademisi beliau berpesan bahwa tantangan dalam International Recognition adalah Riset dan Pubilkasi, yang implikasinya pada ranking perguruan tinggi.
Dari SI-ITS sendiri, Ketua Jurusan Achmad Holil Noor Ali secara konkrit memaparkan bahwa bentuk pengabdian lulusan SI untuk masyarakat adalah dengan keahlian mereka. Jadi, selain soft-skill yang baik dari lulusannya, namun memang dilandasi dengan kemampuan yang sepadan. Untuk itu SI-ITS menjembatani sertifikasi untuk berbagai keahlian (CISA, CISM, dsb.) lanjutan tenaga SI.
Setelah itu sampai siang, dilanjutkan dengan Keynote dari elemen government (pemerintah) dan bisnis. Chalid Bukhari selaku Kepala Dinas Kominfo Surabaya mewakili Ibu Walikota Surabaya memaparkan banyak sistem informasi daerah yang akan dan sudah diimplementasikan secara internal dan eksternal untuk kepentingan warga Surabaya. Sedangkan elemen bisnis yang melanjutkan adalah dari Telekomunikasi Indonesia, yaitu oleh Halim Sulasmono yang kini menjabat sebagai SGM Information System dan Arief Mustain selaku VP Product Management. Halim banyak memaparkan tentang peran IT dalam Knowledge-Based Economy (KBE) di era konseptual ini dan trend cloud computing. Disambung oleh Arief yang secara menarik memaparkan tentang fenomena persaingan bisnis Telco vs DotCom.
Disela-sela setiap diskusi, para hadirin disuguhi performansi cindera tari mahasiswa SI-ITS yang merupakan bagian dari pembelajaran mata kuliah Manajemen Proyek Teknologi Informasi di kampus. Setelah break siang, diskusi dibagi menjadi 4 kelas untuk 55 pemakalah. Empat diskusi itu adalah: Business Intelligence, e-Business, IS Planning & Development, dan IT Service Management. Acara diakhiri dengan pengumuman 2 terbaik pembawa presentasi makalah.

Pembukaan oleh Paduan Suara


Tarian Samsarining Pertiwi

ABG

bagian Cindera Tari dari mata kuliah MPTI Jurusan SI-ITS

Peserta Seminar



No comments:

Post a Comment