1/1/11

.ID

Selama ini kita sebagai orang Indonesia pasti tidak asing lagi dengan situs-situs yang alamatnya berujung ".id", apalagi bagi orang-orang yang sudah bisa membaca artikel ini alias yang sudah kenal internet. ".id" tersebut adalah TLD untuk Indonesia. TLD adalah singkatan dari Top Level Internet Domain, atau dalam bahasa Indonesia yang baku disebut dengan "ranah internet tingkat teratas". Tetapi saya disini bukan mau membahas panjang lebar apa TLD itu. Yang jelas kita sudah bisa menebak bahwa setiap situs yg berujung ".id" itu pasti berbahasa Indonesia.

Dalam tulisan ini saya mengajak untuk memaknai sangat dalam TLD ".id" yang sudah kita dapat tersebut.
.id bukan hanya berarti IDentitas situs web Indonesia, namun sebagai IDentitas yang harus kita jaga nama baiknya.
.id mengacu pada sifat kita yang seharusnya benar-benar InDependen, kuat dari tekanan dan mementingkan aspirasi rakyatnya di ranah internasional.
.id bisa berarti IDola, yang dikagumi bangsa-bangsa lain karena prestasi positif. Bukan terkenal karena sebagai salah satu negara terkorup ataupun cap sebagai tempatnya teroris.

Lalu khusus pesan saya bagi penyelenggara negara ini, saudara-saudari bekerja di institusi dengan alamat situs web berujung ".go.id", maka bawalah kemajuan kepada negeri ini. Go! Indonesia..

No comments:

Post a Comment